Pages

Pengertian Seni Pertunjukan

Sabtu, 23 Februari 2013
Secara umum istilah seni pertunjukan diambil dari bahasa Inggris Performance Art. Beberapa definisi seni pertnjukan juga masih berdasarkan penafsiran masing-masing. Ada yang membagi seni pertunjukan menjadi seni teater, seni musik,, dan seni tari. Menurut definisi ini, seni pertunjukan adalah seni yang dipertunjukkan kepada penonton.

Sedangkan dalam bahasa inggris, performing art ini lebih mengacu pada mempertunjukkan hasil seni yang berbentuk apapun kepada penonton. Hampir semua jenis karya seni bisa dipadukan dalam performance art. Tari yang dilatarbelakangi lukisan atau photo, dengan dekorasi dari hasil seni kriya, disertai musik yang menggugah. Bersamaan dengan itu, interaksi dengan penonton juga terbangun melalui masuknya imajinasi penonton ke dalam larutan performance art.

Salah satu seni pertunjukan kuno di Indonesia adalah wayang kulit. Di sana diperlihatkan seni musik yang adiluhung, seni suara dan vokal yang bernyawa, seni tari yang brilian, seni kriya yang menawan, dan seni seni lainnya yang sangat berperan dalam khasanah kebudayaan. Seni pertunjukan wayang kulit ini dulu sangat mudah ditemui di hampir setiap kecamatan. Namun seiring dengan munculnya seni yang diusung oleh Televisi langsung ke hadapan pemirsanya, maka geliat seni pertunjukan kuno ini semakin terpinggirkan.

Sementara itu, seni pertunjukan modern sudah bisa merumuskan faktor terjadinya sebuah pertunjukan seni atau seni pertunjukan. Faktor itu ada empat. Ruang, Waktu, Tubuh, dan Interaksi dengan penonton. Seni pertunjukan yang dimaksud di sini adalah seni pertunjukan yang dikonsep sebagai satu kesatuan pertunjukan yang mempunyai tema dan tujuan tertentu, baik untuk kepentingan orang banyak, maupun bagi seni itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Nova oktavia Sundari © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting